Kamis, 14 Juni 2012

Besok Pengumuman Hasil Un SD,Sumut Lulus 100 Persen


INFO PALUTA.com-Sebanyak 290.328 siswa tingkat Sekolah Dasar (SD)/Madrasah Ibtidaiyah  (MI)/Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) peserta Ujian Nasional (UN) di Sumut dinyatakan lulus  seratus persen. Hasil UN tingkat SD diumumkan oleh masing-masing sekolah, Sabtu [16/6].
Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Utara Drs Syaiful Syafri usai menyerahkan laporan  hasil UN SD/MI/SDLB kepada 33 kepala dinas pendidikan kabupaten/kota se-Sumut di aula  Disdiksu, Kamis [14/6] pagi mengungkapkan hasil UN SD tahun ini cukup menggembirakan, dimana  tingkat kelulusan ditingkat sekolah dasar tercatat lulus seratus persen.  Bahkan untuk nilai  rata rata juga mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun tahun sebelumnya.
“Tahun 2012 ini merupakan tahun kebahagiaan bagi seluruh orang tua yang anaknya  sekolah di SD/MI/SDLB, karena semua peserta UN SD tahun ini lulus semua,” kata Syaiful.
Dia menyebutkan, nilai  rata rata hasil UN SD tahun 2010 hanya 6,3. Tahun  2011 naik  menjadi 7,3. Untuk tahun  2012 ini mengalami kenaikan yaitu  rata rata nilai tingkat SD  mencapai 8,35 sedangkan untuk Madrasah Ibtidaiyah 8,20 dan SDLB mencapai 8,02. “Dari hasil ujian nasional tingkat SD/MI/SDLB di Sumut yang mencapai rata rata 8,35  maka Sumut rangking 1 secara nasional,” kata Syaiful.
Syaiful Syafri juga menyebutkan Kabupaten Langkat meraih rangking 1 untuk nilai  rata-rata UN tertinggi tingkat SD, sedangkan yang terendah nilai rata-rata UN-nya diduduki  Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), dengan rata-rata hanya 6,46.
Sementara peraih rangking 1 tingkat MI juga diraih Kabupaten Langkat, sedangkan yang terendah oleh Kabupaten Paluta dengan nilai 5,77. Untuk tingkat SDLB dengan nilai tertinggi diraih SDLB Kabupaten Langkat dengan nilai 8,02 dan nilai terendah tingkat SDLB oleh Kabupaten Asahan.
Secara terperinci, rangking 1 tingkat SD diraih SDN 050671 Kampung Gohor Kabupaten  Langkat, disusul rangking 2 oleh SD Muhammadiyah Rantau Prapat, sedangkan SDN 086739 Sibolga  rangking 3.
Untuk tingkat MI, rangking 1 diraih Madrasah Ibtidaiyah Air Tawar Kabupaten Langkat,  rangking 2 Madrasah Ibtidaiyah Al Manar Deli Serdang, rangking 3 Madrasah Ibtidaiyah Pekan  Kuala Kabupaten Langkat.  Sementara, secara individual nilai tertinggi UN diraih oleh siswa atas nama Adina  Putri Danisa dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Pekan Kuala dengan perolehan nilai untuk  bahasa Indonesia 9,40; Matematika 10; IPA 9,50. Dengan nilai yang sama dan dari sekolah yang  sama pula, dari MIN Pekan Kuala tercatat nama Nuria Wahyuni. Di peringkat kedua diraih siswa  bernama Aidil Yusni dari MIN Sibolga dengan nilai bahasa Indonesia 9,50; Matematika 10; IPA  9,25.
Sedangkan nilai tertinggi UN secara individual diraih Grace Tania dari SD Methodist 3  Medan dengan nilai 9,40; 10 dan 10 untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, Matematika dan IPA. Stafani dan Ivan Wijaya dari SD Sutomo 1 Medan juga meraih nilai yang sama persis dengan  Grace. “Ada tujuh siswa yang nilainya sama, yakni dari SD Methodist 3 Medan sebanyak 3 orang   dan SD Sutomo 1 Medan sebanyak 2 orang,” kata Syaiful.
Dia juga menambahkan, nilai UN tertinggi juga diraih siswa dari SDN 086739 Sibolga  atas nama Nursaidah Nasution, dan Norma Amaliah Siregar dari SD Swasta Sari Putra Padang  Sidempuan.
Atas kelulusan 100 persen ini, Syaiful Syafri mengucapkan terima kasih kepada seluruh guru, orang tua, siswa, dan dinas pendidikan kabupaten/kota se Sumut. Menurutnya untuk memajukan pendidikan anak bangsa  dibutuhkan kerjasama yang bersinergi antara guru, orang tua dan siswa dan juga dinas pendidikan terkait.(Berita Sore)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar