(RPP)
Nama Sekolah :
......................................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester :
IX/2
Standar Kompetensi
: 3. Memahami dampak
globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa,
dan bernegara.
Kompetensi Dasar :
3.1 Menjelaskan pengertian dan
pentingnya globalisasi bagi Indonesia.
Alokasi Waktu : 2 x
40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan pengertian globalisasi;
2. menjelaskan fase terjadinya globalisasi;
3. menyebutkan contoh bentuk globaliasi dalam
bidang budaya;
4. menyebutkan contoh bentuk globalisasi dilihat
dari gaya hidup;
5.
menjelaskan pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Integritas (
integrity )
Peduli ( caring
)
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian globalisasi.
2. Proses terjadinya globalisasi.
3. Bentuk-bentuk globalisasi.
C. Metode Pembelajaran
1. Diskusi
2. Ceramah bervariasi
3. Tanya jawab
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
·
Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
Mengajak
siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan
kompetensi dasar.
F
Menjelaskan pengertian dan pentingnya globalisasi bagi
Indonesia.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F
Siswa
melakukan kajian referensi dan mendiskusikan tentang proses terjadinya
globalisasi dan bentuk bentuk globalisasi
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
E. Sumber Pembelajaran
1. Buku Pendidikan
Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, , hlm. 58—78
2. Artikel surat kabar
3. Buku-buku (sumber) lain yang relevan
F.
Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
·
Menjelaskan
makna globalisasi
·
Menjelaskan
faktor penyebab globalisasi
·
Menjelaskan
arti penting globalisasi bagi Indonesia
|
Tes Tertulis
Tes Tertulis
Tes Tertulis
|
Uraian
Pilihan Ganda
Uraian
|
Jelaskan pengertian globalisasi menurut kamu
Salah satu faktor pendorong utama globalisasi adalah perkembangan yang
cepat dalam bidang ..
a. Perdagangan
b. Tehnologi dan komunikasi
c. Politik
d. Demokrasi
Jelaskan arti
penting globalisasi bagi Indonesia
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
......................................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester :
IX/2
Standar Kompetensi
: 3. Memahami dampak
globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa,
dan bernegara negara.
Kompetensi Dasar :
3.2Mendeskripsikan politik luar negeri
dalam hubungan internasional di era global
Alokasi Waktu : 2 x
40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
- menjelaskan arti politik luar negeri yang bebas dan aktif;
- menunjukkan dasar hukum politik luar Indonesia yang bebas aktif;
- menyebutkan tujuan politik luar negeri RI;
- menjelaskan arti pentingnya hubungan internasional;
- menyebutkan peranan Indonesia dalam perdamaian dunia.
v
Karakter siswa yang diharapkan
: Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Integritas (
integrity )
Peduli ( caring
)
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran
1. Politik luar negeri Indonesia.
2.
Peran Indonesia dalam hubungan intrnasional pada era
globalisasi.
C. Metode Pembelajaran
1. Diskusi
2. Tanya jawab
3. Ceramah bervariasi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
·
Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
Mengajak
siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan
kompetensi dasar.
F
Guru menjelaskan
hakikat politik luar negeri bebas aktif secara umum.
F
Siswa
melakukan studi pustaka untuk mencari pengertian, dasar hukum, tujuan politik luar negeri bebas aktif.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F
menyebutkan
tujuan politik luar negeri RI;
F
menjelaskan
arti pentingnya hubungan internasional;
F
menyebutkan
peranan Indonesia dalam perdamaian dunia
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
E. Sumber Pembelajaran
1. Buku Pendidikan
Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX,
2. Artikel surat kabar
3. Buku-buku (sumber) lain yang relevan
F.
Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
·
Menjelaskan
hakekat politik luar negeri bebas aktif
·
Menguraikan landasan hukum politik luar negeri
Indonesia
·
Menjelaskan
peranan Indonesia dalam hubungan Internasional di era globalisasi !
|
Tes Tertulis
Tes lisan
Tes Lisan
|
Pilihan Ganda
Uraian
Uraian
|
Politik luar
negeri Indonesia adalah bebas dan aktif. Aktif mengandung makna ....
a. Tidak memihak dalam
persoalan dunia
b. Memiliki kebebasan
menentukan nasib sendiri
c. Ikut serta dalam salah
blok barat atau timur
d. Ikut serta mewujudkan
ketertiban dunia
Landasan politik luar negeri Indonesia ditegaskan dalam Pembukaan UUD
1945 alinea ke....
Jelaskan peranan Indonesia
dalam hubungan
Internasional di era globalisasi !
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
......................................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester :
IX/2
Standar Kompetensi
: 3. Memahami dampak
globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa,
dan bernegara negara.
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan dampak globalisasi terhadap kehidupan
bermasyarakat berbangsa dan bernegara
Alokasi Waktu : 4 x
40 menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.
menjelaskan
dampak globalisasi yang positif bagi kehidupan bermasya rakat, berbangsa dan
bernegara;
2.
menjelaskan
dampak globalisasi yang negatif bagi kehidupan bermasya rakat, berbangsa dan
bernegara;
3.
memberikan
contoh globalisasi yang positif bagi kehidupan bermasya rakat, berbangsa dan
bernegara;
4.
memberikan
dampak globalisasi yang negatif bagi kehidupan bermasya rakat, berbangsa dan
bernegara;.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Integritas (
integrity )
Peduli ( caring
)
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran
Dampak positif globalisasi
terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Dampak
negatif globalisasi terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
C. Metode Pembelajaran
1. Diskusi
2. Tanya jawab
3. Ceramah bervariasi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan I
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
·
Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
Mengajak
siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan
kompetensi dasar.
F
menjelaskan
dampak globalisasi yang positif bagi kehidupan bermasya rakat, berbangsa dan
bernegara.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
2.
Pertemuan II
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
·
Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
Mengajak
siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan
kompetensi dasar.
F
Penjelasan
konsep dampak globalisasi yang positif dan negatif bagi kehidupan bermasya
rakat, berbangsa dan bernegara.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya
E. Sumber Pembelajaran
1. Buku Pendidikan
Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX,
2. Artikel surat kabar
3. Buku-buku (sumber) lain yang relevan
F.
Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
·
Menjelaskan
dampak globalisasi yang positif bagi kehidupan bermasya rakat, berbangsa dan
bernegara
·
Menjelaskan
dampak globalisasi yang negatif bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
|
Tes tertulis
Penugasan
|
Uraian
Pekerjaan rumah
|
Jelaskan dampak positif globalisasi dalam bidang
pendidikan
Lakukanlah
pengamatan dampak positif dan negatif
globalisasi di lingkungan tempat tinggalmu dari berbagai bidang
Buatkan laporan
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
......................................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester :
IX/2
Standar Kompetensi
: 3. Memahami dampak
globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa,
dan bernegara negara.
Kompetensi Dasar :
3.4 Menentukan
sikap terhadap dampak globalisasi.
Alokasi Waktu : 4 x
40 menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.
menjelaskan
sikap positif terhadap dampak globalisasi di berbagai bidang kehidupan;
2.
menjelaskan
sikap negatif terhadap dampak globalisasi di berbagai bidang kehidupan;
3.
memberikan
contoh dampak positif akibat dari globalisasi di berbagai bidang kehidupan
dilihat dari budaya, ekonomi, maupun sosial;
4.
memberikan
contoh dampak negatif akibat dari globalisasi di berbagai bidang kehidupan.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Integritas (
integrity )
Peduli ( caring
)
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran
Dampak globalisasi di berbagai kehidupan.
C. Metode Pembelajaran
1. Diskusi
2. Tanya jawab
3. Ceramah bervariasi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
·
Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
Mengajak
siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan
kompetensi dasar.
F
menjelaskan
sikap positif terhadap dampak globalisasi di berbagai bidang kehidupan;
F
menjelaskan
sikap negatif terhadap dampak globalisasi di berbagai bidang kehidupan.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F
Siswa
dibagi dalam 8 kelompok.
F
Masing-masing
kelompok mendiskusikan materi untuk presentasi.
F
Setiap
kelompok mempresentasikan materi yang telah didiskusikan dalam kelompok.
F
Kelompok
lain menanggapi.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya
Pertemuan II
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
·
Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
Mengajak
siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan
kompetensi dasar.
F
Penjelasan
konsep dampak positif dan negatif globalisasi di berbagai bidang kehidupan
secara umum.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F
Siswa
dibagi dalam 8 kelompok.
F
Masing-masing
kelompok mendiskusikan materi untuk presentasi.
F
Setiap
kelompok mempresentasikan materi yang telah didiskusikan dalam kelompok.
F
Kelompok
lain menanggapi.
F
Guru
memberikan klarifikasi tentang dampak positif dan negatif globalisasi
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
menyampaikan rencana pembelajaran
pada pertemuan berikutnya
E. Sumber Pembelajaran
1. Buku Pendidikan
Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX,
2. Artikel surat kabar
3. Buku-buku (sumber) lain yang relevan
F.
Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
|||||||||||||||||||||||||
·
Menentukan
sikap terhadap dampak positif globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan
bernagara
·
Menentukan
sikap terhadap dampak negatif globalisasi dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara
·
Menguraikan
dampak globalisasi terhadap berbagai kehidupan masyarakat
·
Bersikap
kritis terhadap dampak globalisasi
|
Penilaian diri
Tes Tertulis
Penilaian diri
|
Quesioner
Uraian
Proyek
|
Petunjuk!
Berilah tanda
cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
Keterangan :
TS : Tidak
Setuju
TT : Tidak Tahu
S : Setuju
Sebutkan lima
dampak positif dan lima negatif globalisasi!
Lakukan kajian
masalah dampak globalisasi dengan menggunakan model praktik belajar
kewarganegaraan berbasis portofolio
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
......................................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester :
IX/2
Standar Kompetensi : 4. Menampilkan
prestasi diri sesuai dengan kemampuan demi keunggulan bangsa.
Kompetensi Dasar :
4.1 Menjelaskan
pentingnya prestasi diri bagi keunggulan bangsa.
Alokasi Waktu : 2 x
40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan pengertian prestasi diri;
2. menjelaskan pentingnya prestasi diri;
3.
menyebutkan contoh cara
menggali prestasi diri;
4.
memberi contoh prestasi bangsa Indonesia;
5. menjelaskan pentingnya prestasi bangsa
Indonesia.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Ketulusan ( Honesty
)
Integritas (
integrity )
Peduli ( caring
)
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran
1. Hakikat prestasi diri.
2.
Arti penting prestasi bagi bangsa Indonesia
C. Metode Pembelajaran
1. Diskusi
2. Tanya jawab
3. Ceramah bervariasi
4. Penugasan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan I
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
·
Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
Mengajak
siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan kompetensi
dasar.
F
Menjelaskan pentingnya prestasi diri bagi keunggulan
bangsa.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F
menyebutkan
contoh cara menggali prestasi diri.
F
memberi
contoh prestasi bangsa Indonesia.
F
menjelaskan
pentingnya prestasi bangsa Indonesia
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
E. Sumber Pembelajaran
1. Buku Pendidikan
Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX.
2. Artikel surat kabar
3. Buku-buku (sumber) lain yang relevan
F.
Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
·
Menjelaskan
Pengertian Prestasi Diri
·
Menjelaskan
Arti Penting Prestasi Diri bagi Keunggulan bangsa Indonesia
|
Tes Tertulis
Tes Tertulis
Tes tertulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
Jelaskan
pengertian prestasi diri !
Jelaskan
pengertian keunggulan bangsa
Jelaskan arti
penting prestasi diri bagi keunggulan bangsa !
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
......................................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester :
IX/2
Standar Kompetensi
: 4. Menampilkan prestasi
diri sesuai dengan kemampuan demi keunggulan bangsa.
Kompetensi Dasar :
4.2 Mengenal
potensi diri untuk berprestasi sesuai kemampuan.
Alokasi Waktu : 4 x
40 menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. menjelaskan pengertian potensi diri;
2. menyebutkan faktor-faktor yang mendorong dan
menghambat pengembangan potensi diri;
3. menjelaskan pentingnya menggali potensi diri;
4. mengidentifikasi potensi diri masing-masing;
5. mengidentifikasi potensi bangsa;
6. menjelaskan pentingnya menggali potensi
bangsa.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Integritas (
integrity )
Peduli ( caring
)
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran
1. Potensi diri.
2. Potensi bangsa
C. Metode Pembelajaran
5. Diskusi
6. Tanya jawab
7. Ceramah bervariasi
8. Penugasan
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan I
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
·
Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
Mengajak
siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan
kompetensi dasar.
F
Menggali informasi
dengan tanya jawab tentang potensi diri.
F
Siswa
dibagi dalam 4 kelompok.
F
Masing-masing
kelompok diberi tugas untuk mendiskusikan:
Ø
pengertian
potensi diri;
Ø
faktor
yang mendorong pengembangan potensi diri;
Ø
faktor
yang menghambat pengembangan potensi diri;
Ø
pentingnya
mengali potensi diri.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F
Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok di depan kelas; kelompok lain
menanggapi
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi
dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
2.
Pertemuan II
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
·
Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
Mengajak
siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan
kompetensi dasar.
F
Guru menjelaskan
konsep umum potensi diri, cara mengidentifikasi potensi diri masing-masing, dan
cara mengeluarkan potensi diri.
F
Secara
individu, siswa diminta untuk mengidentifikasi potensi diri masing-masing.
F
Siswa
bisa menjelaskan cara-cara mengeluarkan atau menerapkan potensi diri.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang menumbuhkan
kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F
Guru
meminta beberapa siswa untuk membacakan bukti potensi diri di depan kelas.
F
Guru
memberikan klarifikasi tentang potensi diri dan cara mengeluarkannya
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
E. Sumber Pembelajaran
1. Buku Pendidikan
Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX,
2. Artikel surat kabar tentang orang-orang yang
berprestasi
3. Buku-buku (sumber) lain yang relevan
F.
Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
·
Menjelaskan
Pengertian potensi diri
·
Menganalisis
Kelebihan dan kelemahan diri
· Memberi contoh
Perwujudan potensi diri dalam berprestasi diri
·
Melakukan
berbagai kegiatan di tingkat lokal, nasional dan internasional untuk
mewujudkan keunggulan bangsa
|
Tes Tertulis
Tes Lisan
Tes Lisan
Penugasan
|
Uraian
Daftar
pertanyaan
Daftar
Pertanyaan
Proyek
|
Jelaskan
pengertian potensi diri !
Tuliskan
mengenai kelebihan dan kelemahan diri kalian masing-masing !
Berilah contoh
perwujudan potensi diri
Buatlah
rancangan kegiatan lomba karya tulis yang dilaksanakan di sekolahmu, dan
laporkan hasilnya kepada gurumu
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
|
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah :
......................................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester :
IX/2
Standar Kompetensi
: 4. Menampilkan prestasi
diri sesuai dengan kemampuan demi keunggulan bangsa.
Kompetensi Dasar :
4.3 Menampilkan
peran serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri yang sesuai
kemampuan demi keunggulan bangsa.
Alokasi Waktu : 6 x
40 menit (3 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. menunjukkan contoh-contoh aktivitas untuk
mewujudkan prestasi diri;
2. menunjukkan upaya-upaya untuk mencapai
prestasi diri;
3. menunjukkan contoh-contoh prestasi diri yang
dapat menunjang keunggulan bangsa;
4. menunjukkan upaya-upaya agar prestasi dapat
menunjang keunggulan bangsa.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Integritas (
integrity )
Peduli ( caring
)
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran
1. Contoh-contoh aktivitas untuk mewujudkan
prestasi diri.
2. Upaya-upaya untuk mencapai prestasi diri.
3.
Contoh-contoh prestasi diri yang dapat menunjang
keunggulan bangsa.
4.
Upaya-upaya agar prestasi dapat menunjang keunggulan
bangsa.
5. Faktor-faktor yang mendorong dan menghambat
pengembangan potensi diri.
C. Metode Pembelajaran
1. Diskusi
2. Tanya jawab
3. Ceramah bervariasi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Pertemuan I
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
·
Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
Mengajak
siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan
kompetensi dasar.
F
menunjukkan
contoh-contoh aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F
Secara
berkelompok, siswa menginventarisasi berbagai aktivitas dalam kehidupan
sehari-hari
F
Siswa
memilah aktivitas-aktivitas yang dapat mewujudkan prestasi diri.
F
Siswa
mendiskusikan upaya-upaya untuk mencapai prestasi diri.
F
Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok; kelompok yang lain
menanggapi.
F
Guru
memberikan klarifikasi terhadap hasil diskusi.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
2.
Pertemuan II
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
·
Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
Mengajak
siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan
kompetensi dasar.
F
menunjukkan
contoh-contoh prestasi diri yang dapat menunjang keunggulan bangsa;.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang
dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F
Secara
berkelompok, siswa menginventarisasi berbagai aktivitas dalam kehidupan
sehari-hari
F
Siswa
memilah aktivitas-aktivitas yang dapat mewujudkan prestasi diri.
F
Siswa
mendiskusikan upaya-upaya untuk mencapai prestasi diri.
F
Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok; kelompok yang lain menanggapi.
F
Guru
memberikan klarifikasi terhadap hasil diskusi.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
3.
Pertemuan III
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan
kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
·
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
·
Menginformasikan kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
Mengajak
siswa untuk menelaah bahan atau materi yang sesuai dengan indikator dan
kompetensi dasar.
F
menunjukkan
upaya-upaya agar prestasi dapat menunjang keunggulan bangsa.
§
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
membiasakan
peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu
yang bermakna;
F
memfasilitasi
peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan
gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F
memberi
kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak
tanpa rasa takut;
F
memfasilitasi
peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F
memfasilitasi
peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F
memfasilitasi
peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun
tertulis, secara individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan kegiatan yang
menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
F
Secara
berkelompok, siswa menginventarisasi berbagai aktivitas dalam kehidupan
sehari-hari
F
Siswa
memilah aktivitas-aktivitas yang dapat mewujudkan prestasi diri.
F
Siswa
mendiskusikan upaya-upaya untuk mencapai prestasi diri.
F
Setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok; kelompok yang lain
menanggapi.
F
Guru
memberikan klarifikasi terhadap hasil diskusi.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi,
guru:
F
memberikan
umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun
hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F
memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui
berbagai sumber,
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah
dilakukan,
F
memfasilitasi
peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai
kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif
F
Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F
Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F
menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Pembelajaran
1. Buku Pendidikan
Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX,
2. Artikel surat kabar tentang orang-orang yang
berprestasi
3. Buku-buku (sumber) lain yang relevan
F.
Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
· Menentukan sikap
positif yang diperlukan dalam prestasi diri
· Menentukan sikap
negatif yang harus dihilangkan dalam berprestasi diri
· Menampilkan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk
berprestasi demi keunggulan bangsa
|
Penilaian diri
Penilaian Diri
Portofolio
|
Lembar
penilaian diri
Quisener
Lembar
penilaian portofolio
|
Rubrik
penilaian diri
(terlampir)
Skala sikap
terlampir
Tuliskan
prestasi diri yang kalian peroleh selama belajar di SMP !
( Jika perlu
lampirkan buktinya )
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar