RENCANA PELAKSAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
.........................................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester :
VII/satu
Standar Kompetensi :
1. Menunjukkan
sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara.
Kompetensi Dasar :
1.1 Mendeskripsikan
hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam
masyarakat.
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit ( 3 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan
dapat :
·
menjelaskan pengertian norma, kebiasaan, adat istiadat,
dan peraturan; Secara Rasa hormat dan perhatian ( respect ) ,Tekun ( diligence
) Serta Jujur ( fairnes )
·
menjelaskan
tujuan norma;
·
menjelaskan
pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;
·
menguraikan
macam-macam norma.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Jujur ( fairnes
)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran
·
Pengertian norma, kebiasaan, adat istiadat, dan
peraturan.
Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang atau individu
senantiasa
melakukan interaksi dengan individu atau kelompok lainnya. Jadi setiap
manusia, baik sebagai individu atau anggota masyarakat selalu membutuhkan
bantuan orang lain. Dalam interaksi sosial tersebut, setiap individu
bertindak
sesuai dengan kedudukan, status sosial, dan peran yang mereka
masing-masing.
Tindakan manusia dalam interaksi sosial itu senantiasa didasari oleh nilai
dan
norma yang berlaku di masyarakat.
·
Macam-macam
norma.
Macam Norma
- Norma Sopan Santun, Agama & Hukum - Kebiasaan Yang Berlaku dalam
Kehidupan Sehari-Hari
Berikut di bawah ini adalah beberapa norma yang berlaku
dalam kehidupan masyarakat di Indonesia. Norma memiliki fungsi sebagai pedoman
dan pengatur dasar kehidupan seseorang dalam bermasyarakat untuk mewujudkan
kehidupan antara manusia yang aman, tentram dan sejahtera.
1. Norma Sopan Santun
Norma sopan santun adalah norma yang mengatur tata
pergaulan sesama manusia di dalam masyarakat.
Contoh :
- Hormat terhadap orang tua dan guru
- Berbicara dengan bahasa yang sopan kepada semua orang
- Tidak suka berbohong
- Berteman dengan siapa saja
- Memberikan tempat duduk di bis umum pada lansia dan wanita hamil
- Hormat terhadap orang tua dan guru
- Berbicara dengan bahasa yang sopan kepada semua orang
- Tidak suka berbohong
- Berteman dengan siapa saja
- Memberikan tempat duduk di bis umum pada lansia dan wanita hamil
2. Norma Agama
Norma agama adalah norma yang mengatur kehidupan manusia
yang berasal dari peraturan kitab suci melalui wahyu yang diturunkan nabi
berdasarkan atas agama atau kepercayaannya masing-masing. Agama adalah sesuatu
hal yang pribadi yang tidak dapat dipaksakan yang tercantum dalam undang-undang
dasar '45 pasal 29.
Contoh :
- Membayar zakat tepat pada waktunya bagi penganut agama islam
- Menjalankan perintah Tuhan YME
- Menjauhi apa-apa yang dilarang oleh agama
- Membayar zakat tepat pada waktunya bagi penganut agama islam
- Menjalankan perintah Tuhan YME
- Menjauhi apa-apa yang dilarang oleh agama
3. Norma Hukum
Norma hukum adalah norma yang mengatur kehidupan sosial
kemasyarakatan yang berasal dari kitab undang-undang hukum yang berlaku di
negara kesatuan republik indonesia untuk menciptakan kondisi negara yang damai,
tertib, aman, sejahtera, makmur dan sebagainya.
Contoh :
- Tidak melanggar rambu lalu-lintas walaupun tidak ada polantas
- Menghormati pengadilan dan peradilan di Indonesia
- Taat membayar pajak
- Menghindari KKN / korupsi kolusi dan nepotisme
- Tidak melanggar rambu lalu-lintas walaupun tidak ada polantas
- Menghormati pengadilan dan peradilan di Indonesia
- Taat membayar pajak
- Menghindari KKN / korupsi kolusi dan nepotisme
C. Metode
Ceramah dengan variasi tanya jawab, analisis, penugasan, dan diskusi kelas.
D. Langkah-Langkah
Kegiatan Pembelajaran (Strategi
Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
1. Pertemuan I
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan
kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan, kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang
materi yang akan diajarkan.
c. Memberikan
informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan. Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ), Jujur ( fairnes )
§
Mengadakan kajian referensi tentang norma-norma kebiasaan
dan adat istiadat di masyarakat Secara Dapat dipercaya ( Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence
), Jujur ( fairnes ) Serta Kewarganegaraan ( citizenship )
2).
Elaborasi
§
Membagi siswa dalam kelompok.
§
Meminta siswa berpresentasi di depan kelas.
§
Meminta tanggapan dari kelompok lain.
3) Konfirmasi
§
Guru mengklarifikasi tentang hakikat norma dalam
masyarakat.
Penutup
a. Mengadakan post
test.
b. Guru memberi tugas rumah kepada siswa (secara
berkelompok) untuk mempersiapkan materi selanjutnya.
2. Pertemuan II
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan
kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi minggu sebelumnya.
c. Memberikan
informasi tentang kompetensi yang akan
dicapai.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
§
Guru menjelaskan
tujuan norma.
2).
Elaborasi
§
Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan tentang
macam-macam norma dan sanksinya.
§
Meminta siswa berpresentasi di depan kelas.
§
Meminta tanggapan dari kelompok lain.
3) Konfirmasi
§
Guru mengklarifikasi tentang macam-macam norma dan
sanksinya.
Penutup
a. Mengadakan post test.
a. Mengadakan post test.
Memberi tugas berupa pengamatan terhadap penerapan
norma di sekolah untuk dipresentasikan pada minggu berikutnya.
3. Pertemuan III
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan
kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang tugas yang
diberikan.
c. Memberikan
informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pengertian norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;menguraikan macam-macam norma.
2).
Elaborasi
§
Mengatur kelompok diskusi.
§
Meminta siswa mempresentasikan hasil pengamatan penerapan
norma di sekolah.
3) Konfirmasi
§
Guru mengklarifikasi dan menyimpulkan pentingnya
penerapan norma.
Penutup
a. Mengadakan post
test
Memberi
tugas rumah untuk mempersiapkan materi berikutnya
E. Alat/Sumber Pembelajaran
·
Buku teks
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII
·
Artikel/berita di media massa
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan
sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
· Menjelaskan pengertian norma, kebiasaan dan
adat istiadat.
· Menjelaskan manfaat norma
· Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan
bermasyarakat
· Menjelaskan
macam-macam norma
· Menjelaskan sumber-sumber norma masyarakat.
· Menjelaskan sanksi pelanggaran norma
|
Tes tertulis
Tes tertulis
|
Pilihan Ganda
Uraian
|
Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang
tepat!
1. Pengertian norma adalah ....
a. aturan-aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
b. ketentuan hukum yang tertulis
secara sistematis
dan dibuat oleh
pihak yang
berwenang
c. kebiasaan-kebiasaan yang berlaku
dalam
masyarakat dan berjalan
sebagai
aturan hidup
d. Kaidah-kaidah atau ketentuan- ketentuan yang dijadikan peraturan hidup sehingga mempengaruhi tingkah laku dalam masyarakat
2. Manfaat yang didapat jika seseorang patuh terhadap norma yang berlaku adalah …
a. merasa aman dalam
setiap langkah hidupnya
b. mendapat penghargaan
sebagai pribadi yang baik
c. mudah memperoleh segala
apa yang diinginkan
d. selalu mendapat
kesempatan untuk melakukan sesuatu
3. Norma yang sanksinya
berupa rasa menyesal disebut norma ....
A.
kesusilaan
B.
kemasyarakatan
C.
agama
D.
kesopanan
4. Kelebihan manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan
lainnya adalah manusia dikaruniai ….
A.
bentuk
fisik yang sempurna
B.
rasa malu
C.
akal
pikiran
D.
hati
nurani
5. Manusia dapat membentuk kelompok dan
menciptakan pakaian dengan
menggunakan ….
A.
nalurinya
B.
daya
pikirnya
C.
rasa
estetikanya
D.
etika
dan khayalannya
6. Pada hakikatnya, manusia mempunyai dua
hasrat, yaitu ingin ….
A.
bahagia
dan jaya
B.
dihormati
dan terhormat
C.
menjadi
satu dengan manusia lain dan alam sekitarnya
D.
sempurna
dan bahagia
7. Kaidah hidup yang paling tua adalah norma ….
A.
kesusilaan
B.
adat
atau kemasyarakatan
C.
agama
D.
hukum
8. Kaidah atau norma yang jenis sanksinya berupa pengusiran dari kelompoknya disebut kaidah
….
A.
kesusilaan
B.
adat
atau kemasyarakatan
C.
agama
D.
hukum
9. Di antara kaidah hidup di bawah ini, yang mempunyai sanksi paling tegas, baik di
dunia maupun di akhirat, adalah ….
A.
kesusilaan
B.
adat
atau kemasyarakatan
C.
agama
D.
hukum
10. Tujuan yang paling mendasar diciptakannya
kaidah atau norma dalam masyarakat adalah untuk mewujudkan ….
A.
kepastian
hukum
B.
ketertiban
dalam masyarakat
C.
keadilan
sosial
D.
kebahagiaan
bagi masyarakat
11. Salah satu ciri norma hukum bila
dibandingkan dengan norma lainnya adalah dari segi sanksinya, yaitu ….
A.
sudah
ditentukan terlebih dahulu
B.
tegas
dan keras
C.
tidak
memandang siapa yang bersalah
D.
dibuat
oleh lembaga kemasyarakatan
12. Norma mempunyai fungsi yang sangat penting
dalam masyarakat, yaitu untuk ....
A.
menegakkan
keadilan
B.
menegakkan
kebenaran
C.
menciptakan
ketertiban
D.
mewujudkan
kebersamaan
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat, singkat,
dan jelas!
1. Jelaskan hakikat norma
yang berlaku dalam masyarakat!
2. Jelaskan arti
pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara!
3. Uraikanlah macam–macam
norma yang berlaku dalam masyarakat!
4. Jelaskan perbedaan
norma dilihat dari sumber, kekuatan mengikat, dan jenis sanksi yang diberikan
kepada pelanggarnya!
5. Berikan contoh
perbuatan yang menjunjung tinggi norma yang berlaku di masyarakat!
6. Jelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat
7. Jelaskan
macam-macam norma yang ada di masyarakat!
8. Jelaskan Sumber-sumber norma dalam
masyarakat!
9. Jelaskan sanksi pelanggaran norma kesusilaan di masyarakat!
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
|
RENCANA PELAKSAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah : .........................................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII/I
Standar
kompetensi : 1. Menunjukkan
sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara
Kompetensi
Dasar : 1.2 Menjelaskan
hakikat dan arti penting hukum bagi warga negara
Alokasi waktu : 8 x 40
menit (4 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa
dapat menjelaskan pengertian hukum.
2. Siswa
dapat menjelaskan pembagian hukum menurut sifatnya.
3. Siswa
dapat menjelaskan pembagian hukum
menurut bentuknya.
4. Siswa
Sugi dan Siswa dapat menjelaskan
pembagian hukum menurut isinya.
5. Siswa
dapat menjelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara.
6. Siswa
dapat menjelaskan tujuan dan fungsi ditetapkannya hukum dalam suatu negara.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
B. Materi Pembelajaran
1. Pengertian hukum.
2. Tujuan
hukum.
3. Pembagian hukum nasional
C. Metode
Ceramah
bervariasi, diskusi, telaah buku, dan penugasan.
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi
Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
1. Pertemuan I
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan
kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan, kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang
materi yang akan diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang
akan dicapai.
Kegiatan
Inti Kajian Pustaka
1). Eksplorasi
- Guru Penjelasan konsep tentang pengertian hukum dikaitkan dengan perilaku manusia dalam hidup bermasyarakat.
2).
Elaborasi
- Membagi siswa menjadi 8 kelompok.
- Masing-masing kelompok diberikan tugas untuk menelaah penggolongan hukum menurut fungsinya, bentuknya, serta hukum menurut isinya melalui kajian pustaka.
- Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil telaahannya.
- Kelompok lain diminta untuk menanggapi presentasi tersebut.
- Guru mengklarifikasi tentang pemahaman pembagian hukum.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Penutup
a. Guru bersama siswa menyimpulkan materi untuk
memantapkan pemahaman materi
yang telah dipelajari.
b. Mengadakan post
test.
c. Guru memberi tugas rumah kepada siswa (tugas
kelompok) untuk mempersiapkan materi yang akan datang berupa telaah buku yang
berkaitan dengan pembagian hukum menurut isinya, pentingnya norma hukum dalam
kehidupan bernegara, serta tujuan dan fungsi ditetapkannya hukum dalam suatu
negara.
2. Pertemuan II
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan
kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang
materi yang telah diajarkan.
c. Memberikan
informasi tentang kompetensi yang akan
dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pembagian hukum menurut bentuknya.
2).
Elaborasi
- Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusinya
- Kelompok lain menanggapi presentasi tersebut.
- Guru mengklarifikasi guru materi yang telah didiskusikan oleh masing-masing kelompok.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Penutup
a.
Guru
bersama siswa menyimpulkan materi untuk
memantapkan pemahaman materi
yang sudah dipelajari.
b.
Mengadakan
post test.
c.
Memberikan
tugas kelompok di luar kelas untuk mempersiapkan materi yang akan datang berupa
laporan hasil pengamatan tentang pelanggaran terhadap tata tertib sekolah oleh
siswa dalam rentang waktu satu minggu.
3. Pertemuan III dan IV
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan
kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang telah dan akan diajarkan.
c. Memberikan
informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara
2).
Elaborasi
- Menjelaskan pelaksanaan diskusi kelompok.
- Setiap kelompok mempersiapkan laporan hasil pengamatan di sekolah tentang pelanggaran terhadap tata tertib sekolah oleh siswa.
- Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil pengamatannya.
- Kelompok lain menanggapi presentasi tersebut.
- Guru mengklarifikasi dampak pelanggaran terhadap tata tertib sekolah.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Penutup
b. Guru bersama siswa menyimpulkan materi untuk
memantapkan pemahaman materi yang telah dipelajari.
c. Mengadakan post
test
d. Memberi tugas rumah untuk mempersiapkan materi
yang akan datang berupa telaah buku secara individual
berkaitan dengan materi sesuai dengan kompetensi dasar
yang akan dipelajari.
E. Sumber Pembelajaran
·
Buku teks
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII
·
Perilaku siswa dan guru
·
Artikel/berita di media massa
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan
sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
· Menjelaskan pengertian hukum
· Menjelaskan pembagian hukum menurut bentuk,
sifat dan isinya.
· Menjelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bermasyarakat
· Menjelaskan tujuan ditetapkannya hukum dalam suatu negara
· Menjelaskan tugas penegak hukum di
negara RI
· Menjelaskan macam-macam peradilan
· Menjelaskan
negara Indonesia adalah negara hukum
|
Tes Tertulis
Tes Tertulis
|
Pilihan ganda
Uraian
|
Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang tepat!
1. Perhatikan pernyataan berikut!
1. peraturan mengenai tingkah laku dalam
pergaulan
2. dibuat oleh badan-badan resmi
3. bersifat memaksa
4. peraturan tertulis
5. bagi yang melanggar
mendapat sanksi tegas
Da Dari pernyataan di atas, unsur-unsur pengertian hukum ditunjukkan nomor….
a.
1, 2, 3
dan 4 c. 1, 2, 4 dan 5
b.
1, 2, 3
dan 5 d. 2, 3, 4 dan 5
2. Hukum diperlukan
manusia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara karena ....
a.
membuat takut masyarakat
b.
mengendalikan tingkah
laku masyarakat
c.
memberi perlindungan
terhadap hak-hak warga negara
d.
mengatur pergaulan hidup
bermasyarakat
3. Hukum yang mengatur
jual beli dan sewa-menyewa adalah ….
a.
hukum pidana
b.
hukum perdata
c.
hukum administrasi
d.
hukum publik
4. Hukum yang mengatur
hubungan antarwarga negara dengan negara disebut ….
a.
hukum pidana
b.
hukum perdata
c.
hukum publik
d.
hukum privat
5. Peraturan disebut hukum
apabila memmiliki ciri-ciri antara lain ….
a.
memiliki daya pengikat
b.
menciptakan ketertiban
dan keteraturan
c.
berisi perintah dan
larangan
d.
dibuat oleh pihak yang
berwajib
6. Berikut tujuan hukum, kecuali ....
a.
menjamin kepastian hukum
b.
mengatur ketertiban
masyarakat
c.
menegakkan keadilan
d.
memaksa warga masyarakat
7. Contoh-contoh berikut
yang termasuk peristiwa perdata adalah ....
a.
pembagian harta waris
b.
melakukan penghinaan
terhadap orang lain
c.
terjadi pemukulan
terhadap pencuri
d.
tidak melaporkan kejahatan yang pernah dilihatnya
8. Berikut ini yang tidak
termasuk hukum publik adalah hukum ....
a.
perdata
b.
pidana
c.
tata negara
d.
administrasi negara
9. Menurut bentuknya, hukum digolongkan
menjadi
a.
hukum privat dan hukum
publik
b.
hukum pidana dan hukum
perdata
c.
hukum tertulis dan hukum tidak tertulis
d.
hukum objektif dan hukum subjektif
10. Hukum yang ditetapkan
oleh negara-negara di dalam suatu perjanjian antarnegara disebut ....
a.
undang-undang
b.
kebiasaan
c.
traktat
d.
yurisprudensi
11. Hukum Internasional
adalah ....
a.
hukum yang mengatur hubungan antar dua negara
b.
hukum yang mengatur hubungan hukum dalam dunia
c.
hukum yang berlaku di seluruh dunia
d.
hukum yang terbentuk karena keputusan hakim
12.
Pentingnya mentaati hukum yang berlaku
dalam masyarakat adalah ....
a. terwujudnya harga diri manusia yang hakiki
b. tercipta ketertiban dan ketenteraman
c. terbinanya kebahagiaan hidup masyarakat
d. terjaminnya kehidupan masyarakat dengan baik
13. Salah satu tujuan ditetapkannya hukum dalam suatu negara dalah…..
a. melindungi warga masyarakat
b. menjamin hak-hak asasi manusia
c. menegakkan keadilan dan kebenaran
d. mewujudkan kesejahteraan masyarakat
14. Alat kekuasaan negara di pengadilan yang bertugas sebagai penuntut umum adalah ....
a. hakim
c. jaksa
b. panitera
d. Polisi
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!
1. Jelaskan pengertian hukum!
2. Mengapa masyarakat memerlukan hukum?
3. Jelaskan pembagian hukum menurut:
a. sifatnya
b. bentuknya
c. isinya
4. Jelaskan tujuan ditetapkan hukum dalam
kehidupan bernegara!
5. Jelaskan fungsi hukum dalam kehidupan
bernegara!
6.
Jelaskan 3 ciri bahwa negara
Indonesia adalah negara hukum
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
|
RENCANA PELAKSAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah : .........................................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII/I
Standar
kompetensi : 1. Menunjukkan
sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara
Kompetensi
Dasar : 1.3. Menerapkan norma-norma, kebiasaan-kebiasaan, adat
istiadat, dan
peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Alokasi
waktu : 6 x 40
menit (3 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. memberikan contoh penerapan norma kesopanan
dalam kehidupan di sekolah antara siswa dengan personel sekolah, antarsesama
siswa;
2. memberikan contoh penerapan norma kesopanan
dalam kehidupan keluarga;
3. mendeskripsikan
penerapan norma di lingkungan sekolah;
4. memberikan contoh akibat jika melanggar norma
dalam kehidupan masyarakat;
5. melaksanakan norma di sekolah.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty
)
B. Materi Pembelajaran
1. Contoh penerapan norma kesopanan dalam
kehidupan di sekolah antara siswa dengan personel sekolah, antarsesama siswa.
2. Contoh penerapan norma kesopanan dalam
kehidupan keluarga.
3. Contoh penerapan norma hukum di lingkungan
sekolah.
4. Contoh akibat jika melanggar norma dalam
kehidupan masyarakat.
C. Metode
Ceramah
bervariasi, bermain peran, dan penugasan.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi
Pembelajaran/Kegiatan belajar)
1. Pertemuan I dan II
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan
kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
c. Memberikan
informasi tentang kompetensi yang akan dicapai.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pentingnya penerapan norma kesopanan dalam kehidupan di sekolah antara siswa dengan personel sekolah, antarsesama siswa
- Membagi siswa dalam 8 kelompok.
2).
Elaborasi
- Masing-masing kelompok diberikan tugas untuk memerankan penerapan norma kesopanan, norma agama, dan norma hukum dalam kehidupan keluarga, sekolah, maupun masyarakat. Sebagai contoh, dalam norma kesopanan, misalnya saat berbicara, menghormati orang yang lebih tua, atau contoh kesopanan lainnya. Dalam norma hukum, misalnya memerankan orang yang melanggar hukum dan akibatnya (merokok, terlibat narkoba, dan lain-lain). Kemudian, memberikan solusi yang tepat menurut norma hukum. Upayakan peristiwa yang diangkat aktual agar menarik minat dalam KBM.
- Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk memerankan adegan penerapan norma tersebut selama 7 menit.
- Kelompok lain menanggapi pemeranan tersebut.
3)
Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Penutup
a. Dengan bimbingan guru, masing-masing wakil
kelompok memberikan refleksi terhadap peran yang telah ditampilkan.
b. Mengadakan post
test.
c. Memberi tugas untuk mengamati pelaksanaan
norma di lingkungan sekolah, membuat hasil pengamatan, dan mempresentasikan di
depan kelas.
2. Pertemuan III
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan
kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi
yang telah diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang
akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pentingnya akibat jika melanggar norma dalam kehidupan masyarakat
2).
Elaborasi
- Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
- Kelompok lain menanggapi presentasi tersebut.
- Guru mengklarifikasi guru materi yang telah dipresentasikan oleh masing-masing kelompok.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Penutup
a. Dengan bimbingan guru, masing-masing wakil
kelompok memberikan refleksi terhadap materi yang telah ditampilkan oleh masing
masing kelompok.
b. Mengadakan post
test.
c. Memberi tugas rumah berupa telaah materi yang
akan dipelajari pada minggu berikutnya.
E. Sumber Pembelajaran
·
Buku teks
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII
·
Perilaku siswa dan guru
·
Artikel/berita di media massa
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
· Memberikan contoh perilaku yang sesuai
dengan norma dalam hidup berbangsa dan bernegara
.
· Memberikan contoh adat dan kebiasaan dalam hidup bermasyarakat.
· Menghormati dan menjunjung tinggi norma, kebiasaan, adat, dalam kehidupan
masyarakat.
· Mematuhi peraturan yang berlaku dalam hidup
bermasyarakat
· Penerapan
norma , kebiasaan dan adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat
|
observasi
Penilaian diri
Penilaian antar
teman
Penilaian antar
teman
Tes Tertulis
|
Lembar
observasi
Lembar
penilaian diri
Lembar
penilaian antar teman
Lembar
penilaian antar teman
Pilihan Ganda
|
Observasi dan
buatkan laporan tentang
Contoh-contoh
, jenis dan jumlah pelanggaran terhadap norma, kebiasaan dan adat istiadat
yang terjadi di masyarakat sekitar tempat tinggalmu, dan berikan komentar..
Aspek-aspek yang dinilai :
1.
Ketepatan
mengumpulkan tugas
2.
Kerapihan
3.
Isi
atau materi yang dilaporkan
4.
Sumber
data jelas
Penilaian sikap
(instrumen-terlampir).
Intrumen pengamatan perilaku
Intrumen pengamatan perilaku
Ralat soal: tambahkan kata kecuali.
Jawaban
a. norma hukum memiliki sanksi yang tegas
b. norma
kesusilaan
c. norma hukum
d. norma hukum, norma
kebiasaan, norma tingkah laku
Ralat soal: tambahkan kata kecuali.
Jawaban
a. menjamin
berlangsung kekuasaan
b. seseorang menyabet pisau kepada orang lain sehingga orang tersebut
meninggal
c. norma kesopanan
d. norma kesusilaan
e. negara hukum
f. hukum pidana
Perbedaan norma
hukum dan norma kesusilaan:
· Norma hukum bertujuan
menertibkan masyarakat sehingga tidak ada korban kejahatan. Norma hukum
ditujukan kepada sikap lahir. Norma hukum mempunyai sanksi resmi yang
menindak tegas. Norma hukum
membebani kewajiban dan memberi hak.
·
Norma
kesusilaan bertujuan untuk menjaga agar manusia tidak menjadi jahat. Norma
kesusilaan ditujukan kepada sikap batin. Norma kesusilaan berasal dari
diri sendiri. Sanksi berasal dari diri sendiri dan tidak resmi. Norma kesusilaan hanya
membebani kewajiban.
Untuk menjamin
kepentingan-kepentingan setiap masyarakat. Hukum juga penting untuk mencapai
keadilan, perdamaian, dan kesejahteraan dalam bermasyarakat.
Supremasi hukum artinya
hukum memegang kekuasaan tertinggi.
Hukumlah yang mengatur dan hukumlah yang berkuasa, termasuk kepada penguasa.
2. Rule
of law artinya pengaturan
oleh hukum. Contohnya adalah jika seorang presiden korupsi ia pun harus diproses dan diberi sanksi sesuai
dengan hukum yang berlaku.
3. 1. hukum publik
2. hukum privat (sipil)
3.
hukum material
4.
hukum formal
5.
hukum traktat
|
1. Penilaian
Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Partisipasi
dalam Berpendapat
|
Pemahaman/ Materi
|
Kerja Sama
|
Jumlah
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
dst.
|
Keterangan:
·
Nilai maksimal aspek keaktifan: 40; minimal: 10
·
Nilai maksimal aspek pemahaman: 40; minimal: 10
·
Nilai maksimal aspek kerja sama: 20; minimal: 10
2. Penilaian
Hasil Kerja
No
|
Nama Siswa
|
Kesesuaian materi dengan Tugas
|
Komentar terhadap Materi
|
Kerapian/
Penampilan
|
Jumlah
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
5
|
|||||
dst.
|
Keterangan
·
Nilai maksimal aspek kesesuaian materi: 40; minimal: 10
·
Nilai
maksimal aspek komentar: 40; minimal: 10
·
Nilai maksimal aspek kerapian/penampilan: 20; minimal: 10
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
|
RENCANA PELAKSAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah : .........................................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII/I
Standar
kompetensi : 2.
Mendeskripskan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
Kompetensi
Dasar : 2.1. Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan.
Alokasi
waktu : 4 x 40
menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.
Menjelaskan
secara singkat perjuangan bangsa Indonesia menjelang detik-detik proklamasi
kemerdekaan.
2.
Menjelaskan
makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.
3.
Mendeskripsikaan
pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan.
Karakter siswa yang diharapkan :
Berani ( courage )
Ketulusan ( Honesty
)
Integritas (
integrity )
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran
1. Perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai
kemerdekaan.
2. Makna dan arti kemerdekaan bagi bangsa
Indonesia.
C. Metode
Tanya
jawab, diskusi, analisis, penugasan.
D. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran (Strategi Pembelajaran/
Kegiatan belajar)
1. Pertemuan
I
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan
kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang
akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pentingnya perjuangan bangsa Indonesia menjelang detik-detik proklamasi kemerdekaan
2).
Elaborasi
§
Tanya jawab dan penjelasan tentang bangsa-bangsa yang
pernah menjajah Indonesia dan sifat-sifat perjuangan bangsa sebelum dan sesudah
tahun 1908.
§
Kajian pustaka dengan menelaah berbagai sumber (buku)
yang berisi tentang peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan.
§
Membagi siswa menjadi 8 kelompok, masing-masing terdiri
atas 5 orang.
§
Masing-masing kelompok membahas pertanyaan yang berbeda
berdasarkan masalah yang telah disiapkan guru.
§
Masing-masing kelompok mendiskusikan masalah yang temanya
adalah peristiwa sekitar proklamasi dan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia.
§
Masing-masing
kelompok melaporkan secara tertulis hasil diskusi.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Penutup
a. Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan hasil
diskusi.
b. Post
test sebagai unpan balik.
c. Tindak lanjut dnegan pemberian tugas untuk
mempersiapkan diskusi minggu berikutnya.
2. Pertemuan
II
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan
kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang
akan dicapai.
KegiatanInti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan.
2).
Elaborasi
§
Penjelasan
tentang skenario pembelajaran yang akan dilaksanakan, dilanjutkan dengan
pembagian kelompok (menjadi 5 kelompok).
§
Masing-masing
kelompok mendiskusikan pertanyaan pertanyaan yang berkaitan dengan pewarisan
semangat peroklamasi kemerdekaan.
§
Setiap
kelompok memperesentasikan hasil diskusinya, sementara itu kelompok lain
menanggapi.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Penutup
a. Siswa dan guru membuat kesimpulan.
a. Siswa dan guru membuat kesimpulan.
b.Posttest
c. Tindak lanjut dengan memberi tugas individu untuk
c. Tindak lanjut dengan memberi tugas individu untuk
mewawancarai saksi hidup Pahlawan
Kemerdekaan.
E. Sumber Pembelajaran
·
Buku teks
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII
·
Buku-buku teks resmi tentang Proklamasi
·
Artikel-artikel, teks Proklamasi
·
Naskah Pidato sidang PPKI
·
Narasumber (saksi sejarah yang masih hidup)
·
UUD 1945
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
·
Menguraikan
ciri-ciri perjuangan bangsa Indo nesia
sebelum dan sesudah Tahun 1908.
·
Menjelaskan
penderitaan rakyat pada masa penjajahan.
·
Menjelaskan
faktor yang menjadi pemicu rakyat Indonesia memperjuangkan kemerdekaannya
·
Menjelaskan
arti kemerdekaan bagi suatu bangsa
·
Menjelaskan pentingnya pewarisan semangat proklamasi
kemerdekaan
|
Tes lisan
Tes Tertulis
Tes Tertulis
|
Daftar
pertanya-an
Pilihan ganda
Uraian
|
Jelaskan ciri perjuangan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah 1908!
Pernyataan :
1. Rakyat tidak dapat menentukan masa depannya
2. terjadi kemiskinan dan kelaparan
3. kesempatan
menikmati pendidikan
4. rakyat disuruh kerja paksa
Dari pernyataan di atas pada masa
penjajahan penderitaan yang dialami oleh rakyat ditunjukkan nomor ….
a. 1 , 2 dan 3 c.
1, 3 dan 4
b. 1, 2
dan 4. d. 2, 3 dan 4
Dikumandangkannya
Proklamasi kemerdekaan bangsa Indonesia yaitu atas dorongan ….
a.
negara
tetangga yang berkerja sama dengan Indonesia
b.
agar
dihormati dan di hargai oleh bangsa lain
c.
keinginan
luhur seluruh rakyat Indonesia
d.
keinginan
untuk menjadi Negara berkembang
Arti penting kemerdekaan suatu
bangsa adalah ….
a. bangsa itu bebas
menentukan masa depannya tanpa
dipengaruhi bangsa lain
b. bebas menentukan
negaranya sesuai keinginan pimpinan negaranya
c.
berhak mengatur pemerintahannya atas bantuan Negara lain
d.
bebas bekerjasama
dengan Negara lain asalkan menguntungkan
Jelaskan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan.
Jelaskan secara singkat tentang persitiwa-perisitiwa penting yang
terjadi sekitar proklamasi kemerdekaan!
Jelaskan makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia!
Mengapa pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan itu sangat penting
bagi generasi muda?
Siapakah tokoh-tokoh pahlawan kemerdekaan yang berjasa dalam
peristiwa detik-detik proklamasi?
Semangat atau nilai-nilai-nilai perjuangan apa yang diwariskan oleh
pahlawan kemerdekaan kepada kita?
Bagaimana keadaan bangsa Indonesia sebelum dan sesudah kemerdekaan?
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
|
RENCANA PELAKSAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah : .........................................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII/I
Standar
kompetensi : 2. Mendeskripsikan
makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
Kompetensi
Dasar : 2.2. Mendeskripsikan
suasana kebatinan konstitusi pertama.
Alokasi
waktu : 4 x 40 menit (2 x
pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
selesai proses pembelajaran, diharapkan siswa dapat:
1. menjelaskan dengan singkat suasana sidang
BPUPKI tanggal 18 Agustus 1945;
2. menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal
18 Agustus 1945;
3. menguraikan
pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran
1. Suasana
sidang BPUPKI tanggal 18 Agustus 1945
2. Hasil-hasil
sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
3. Pokok-pokok
pikiran Pembukaan UUD 1945
C. Metode
Tanya
jawab, diskusi, analisis, penugasan
D. Langkah-Langkah Kegiatan
Pembelajaran (Strategi Pembelajaran/Kegiatan belajar)
1. Pertemuan
I
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan
kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang
akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pentingnya suasana sidang BPUPKI tanggal 18 Agustus 1945.
2).
Elaborasi
- Tanya jawab dan penjelasan tentang suasana sidang BPUPKI tanggal 18 Agustus 1945.
- Kajian pustaka dengan menelaah berbagai sumber belajar (buku, artikel, naskah pidato) tentang suasana sidang BPUPKI tahun 1945 dan pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945.
- Melakukan simulasi yang menggambarkan suasana sidang BPUPKI , hasil sidang, dan pokok pikiran pembukaan UUD 1945.
- Mendiskusikan bagaimana jalannya simulasi yang telah dilakukan dan memberikan laporan tertulis.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Penutup
a. Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan
hasil diskusi.
b. Post
test sebagai umpan balik bagi
guru.
c. Memberikan tugas-tugas untuk mempersiapkan
diskusi minggu berikutnya sebagai tindak lanjut.
2. Pertemuan
II
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan
kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang
akan dicapai.
Kegiatan
Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pentingnya menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
2).
Elaborasi
- Kajian pustaka dengan menelaah buku sumber (buku teks siswa) tentang hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
- Bertanya jawab tentang hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
- Dengan difasilitasi guru, siswa berusaha mengklarifikasi tentang hasil-hasil tanya jawab yang telah dilakukan sebelumnya.
3) Konfirmasi
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
- Siswa mengerjakan tugas-tugas individu.
Penutup
a.
Dengan bimbingan dan difasilitasi guru, siswa membuat rangkuman materi tentang
suasana sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 dan hasil-hasilnya.
b.
Mengadakan post test.
c.
Memberi tugas rumah berupa telaah materi yang akan dipelajari pada minggu berikutnya.
E. Sumber Pembelajaran
·
Buku teks
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII ,
·
UUD 1945
·
Buku-buku litelatur yang berisi tentang Proklamasi
·
Artiel-artikel, teks Proklamasi
·
Narasumber (saksi hidup)
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
· Menjelaskan peristiwa Rengas Dengklok
· Menjelaskan peristiwa perumusan naskah proklamasi
· Menjelaskan makna proklamasi bagi bangsa
Indonesia
·
Menjelaskan
suasana sidang PPKI tanggal 18-8-1945
·
Menguraikan
hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945
|
Penugasn
Tes Tertulis
Tes lisan
Tes Tertulis
Tes Tertulis
|
Pekerjaan rumah
Pilihan ganda
Daftar
pertanyaan
Pilihan ganda
Uraian
|
Buatkan rangkuman , Peristiwa Rengas Dengklok dan
peristiwa perumusan naskah proklamasi!
Proklamasi kemerdekaan
RI memiliki arti penting sebagai ….
a. pangkal
pelaksanaan pembangunan
disegala bidang
b. titik puncak perjuangan bangsa
Indonesia melawan penjajahan
c.akhir menangani suatu masalah
bangsa Indonesia
d.akhir pelaksanaan hukum
internasional
Sila keberapa yang di permasalhkan dalam
sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
Pernyataan :
1. pembentukan MPR
2. menetapkan Pancasila dan UUD 1945
3. menetapkan Presiden dan
wakil presiden
4. pembentukan KNIP
Dari
pernyataan di atas hasil sidang
PPKI 18 Agustus 1945
ditunjukkan nomor ….
a.
1, 2 dan 3 c.
1, 3 dan 4
b.
1, 2 dan 4 d.
2, 3 dan 4
Jelaskan
bagaimana gambaran suasana sidang BPUPKI!
Sebutkan pokok pikiran Pembukaan UUD 1945!
Uraikan
bagaimana hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945!
Perlukan
NKRI yang baru merdeka memiliki pemimpin (presiden)?
Perlukan
NKRI yang baru merdeka memiliki konstitusi ?
Apa
yang kalian ketahui tentang konstitusi?
Apa
nama konstitusi negara Indonesia?
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
|
RENCANA PELAKSAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah : .........................................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII/I
Standar
kompetensi : 2. Mendeskripskan
makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
Kompetensi
Dasar : 2.3. Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945.
Alokasi
waktu : 2 x 40
menit (1 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.
menjelaskan
hubungan Proklamasi dengan Pembukaan UUD 1945;
2.
menjelaskan
hubungan Proklamasi dengan pasal-pasal UUD 1945;
3.
menguraikan
makna setiap alinea dalam Pembukaan UUD 1945.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Integritas (
integrity )
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran
1. Hubungan antara Proklamasi dan
UUD 1945
C. Metode
Ceramah
bervariasi dan diskusi.
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran (Strategi
Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
1. Pertemuan
I
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan
kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang
akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
- Guru menjelaskan pentingnya Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945.
- Tanya jawab tentang isi Pembukaan UUD 1945.
2).
Elaborasi
- Melakukan kajian pustaka dengan menelaah hubungan antara Proklamasi dan Pembukaan UUD 1945 serta menelaah makna alinea Pembukaan UUD 1945.
- Membagi siswa menjadi 4 kelompok, masing-masing terdiri atas 5 orang.
- Masing-masing kelompok membahas dan mendiskusikan materi tersebut.
- Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain menanggapinya.
3) Konfirmasi
- Guru melakukan klarifikasi atas materi yang dibahas.
Penutup
a. Dengan bimbingan guru, siswa menyimpulkan hasil
diskusi.
b. Post test
sebagai umpan balik.
c. Melakukan refleksi dan tindak lanjut dengan
pemberian tugas untuk mempersiapkan materi berikutnya.
E. Sumber belajar
·
Buku teks
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII
- Buku-buku teks resmi tentang Proklamasi
- Artikel-artikel, teks Proklamasi
- Naskah Pidato sidang PPKI
- Narasumber (saksi sejarah yang masih hidup)
- UUD 1945
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
· Menjelaskan hubungan proklamasi kemerdekaan dengan
Pembukaan UUD 1945.
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan
hubungan proklamasi kemerdekaan dengan Pembukaan UUD 1945
Jelaskan
makna Pembukaan UUD 1945 alinea ketiga!
Jelaskan hubungan antara Proklamasi dan Pembukaan
UUD 1945!
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
|
RENCANA PELAKSAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama
Sekolah : .........................................
Mata
Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : VII/I
Standar
kompetensi : 2. Mendeskripsikan
makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama
Kompetensi
Dasar : 2.4. Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana kebatinan konstitusi
pertama.
Alokasi
waktu : 4 x 40
menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
selesai proses pembelajaran, diharapkan siswa dapat:
1. menunjukkan sikap positif terhadap perjuangan
bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan;
2. menunjukkan sikap positif terhadap pentingnya
kemerdekaan;
3. menunjukkan sikap positif terhadap pewarisan
nilai-nilai ‘45 (semangat perjuangannya);
4. menunjukkan sikap
positif dalam mengisi kemerdekaan.
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Kewarganegaraan ( citizenship
)
B. Materi Pembelajaran
1.
Sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.
2.
Sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan.
3.
Sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai ‘45 (semangat perjuanganya).
4.
Sikap positif dalam mengisi kemerdekaan.
C. Metode
Ceramah
bervariasi dan penugasan.
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
(Strategi Pembelajaran/Kegiatan Belajar)
1.
Pertemuan I
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang akan diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang
akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
§
Guru menjelaskan kembali secara singkat tentang perjuangan
yang dilakukan para pahlawan untuk mencapai kemerdekaan.
2).
Elaborasi
§
Guru
memberikan tugas individual kepada siswa untuk membuat karangan dengan tema
makna proklamasi bagi kehidupan masyarakat.
§
Beberapa siswa diberi kesempatan untuk membacakan karangannya,
siswa lain menanggapi.
3) Konfirmasi
§
Guru
memberikan klarifikasi.
§
Guru
meminta beberapa siswa untuk memberikan penilaian terhadap makna kemerdekaan
yang dirasakannya.
Penutup
Bersama siswa, guru menyimpulkan materi pembelajaran
yang telah dilakukan.
2.
Pertemuan II
Pendahuluan
a. Apersepsi
a. Apersepsi
Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi,
kebersihan kelas, dan lain-lain)
b. Memotivasi
Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan
memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan.
c. Memberikan informasi tentang kompetensi yang
akan dicapai.
Kegiatan Inti
1). Eksplorasi
§
Guru
menjelaskan kembali secara singkat tentang nilai-nilai ‘45 dan hubungannya
dengan kehidupan masa kini.
2).
Elaborasi
§
Guru
membagi siswa dalam 8 kelompok.
§
Tiap
kelompok mendiskusikan pentingnya pewarisan nilai-nilai ‘45 dalam mengisi
kemerdekaan.
§
Beberapa
kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
§
Kelompok
lain menanggapi.
3) Konfirmasi
§
Guru
memberikan klarifikasi
Penutup
a. Bersama siswa, guru menyimpulkan materi
pembelajaran.
b. Siswa mengisi kuesioner: check list (V)
E. Sumber Pembelajaran
·
Buku teks
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII
- UUD 1945
- Buku-buku litelatur yang berisi tentang Proklamasi
- Artikel-artikel, teks Proklamasi
F. Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
||||||||||||||||||||||||||||
· Menerapkan
cara sikap setia kepada Proklamasi Kemerdekaan RI
· Memberi contoh cara menghargai para pahlawan
· Menunjukkan perilaku untuk meneladani
sikap-sikap yang dimiliki para pahlawan
· Menunjukkan perilku positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan RI.
|
Penilaian diri
Penilaian antar
teman
|
Quesioner
Lembar
penilaian antar teman
|
Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
Keterangan:
Ya= sependapat
dengan pernyataan ( skor 1, jika
pernyataan positif, dan skor 0 jika pernyataan negatif)
Tdk=tidak
sependapat dengan pernyataan ( skor 0, jika pernyataan positif dan skor 1
jika pernyataan negatif)
Penialain
perilaku melalui pengamatan (
Instrumen terlampir ).
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar